Tsundere ~Tsun Tsun Dere Dere~

"I-ini buat kamu! B-bukannya aku perhatian atau apa-apa ya! Aku cuma gak sengaja salah beli tadi. K-karena aku gak suka rasa itu, jadi aku kasihin coklat ini ke kamu!"

Pernah denger kalimat seperti di atas tadi? Mungkin bagi para penggemar anime sekalian sudah mengenal kalimat seperti itu. Tipikal kalimat yang biasa diucapkan oleh gadis dingin dengan wajah kemerah-merahan menahan malu. Yep, this is the most cute line of Tsundere!

Lantas, apa itu Tsundere?

Kalau kata wikipedia sih..

Tsundere (ツンデレ) adalah salah satu bentuk proses pengembangan karakter Jepang yang menggambarkan perubahan sikap seseorang yang awalnya dingin dan bahkan kasar terhadap orang lain sebelum perlahan-lahan menunjukkan sisi hangat kepadanya. Kata ini berasal dari kata tsun tsun (ツンツン) yang berarti membuang muka dengan jijik, ditambah dere dere (デレデレ) yang berarti menjadi penuh kasih sayang atau sedang jatuh cinta. Selain itu, kata ini juga dipakai untuk menggambarkan seseorang yang "biasanya menunjukkan sikap dingin, namun di depan orang yang disukainya, sikap tersebut berubah menjadi penuh kasih sayang."

Istilah tsundere mulai dikenal setelah sering digunakan dalam permainan video bishōjo produksi Jepang. Namun sekarang kata tsundere sudah menjadi bagian dari fenomena moe di kalangan otaku, merambah ke maid café, anime, manga, dan novel. Istilah ini menjadi populer setelah dipopulerkan permainan novel visual Kimi Ga Nozomu Eien

                                                                                       Kimi ga Nozomu Eien

Nah nah, sekilas udah tergambar kan, gimana Tsundere itu?


Sekarang, saya akan memberikan pembagian dari Tsundere itu sendiri, karena pada kenyataannya, baik dalam Game ataupun Manga/Anime, tidak semua Tsundere itu galak terus jadi baik. Ada beberapa pengembangan karakter lain yang termasuk ke dalam Tsundere, namun bila dilihat sekilas tidak terlalu memperlihatkan ke-Tsundere-an nya.


Tsundere, menurut saya dibagi menjadi 2 tipe, yaitu Tsundere tipe A, dan tipe B. Pembagian tipe ini didasari pada sifat fix/bawaan dari karakter tersebut.

1. Tsundere tipe A

Tsundere tipe A adalah Tsundere yang memiliki sifat galak, dingin, sinis, cuek, tidak peduli pada orang lain, dan juga egois. Fase pengembangan karakter Tsundere tipe A merupakan fase pengembangan yang banyak ditemui. Ketika Main Character dari sebuah cerita mulai mendekati Tsundere tipe ini, dan mengalami perkembangan yang baik dengannya, maka dapat ditemukan perubahan sikap Tsundere yang asalnya dingin, sinis, cuek, dll, menjadi baik hati, peduli, dan sangat menyayangi (Tsun Tsun > Dere Dere).

Contoh dari Tsundere tipe A adalah Aisaka Taiga dari Toradora! dan Yuuhi Katagiri dari Akane Iro ni Somaru Saka.

                                                                                                                                                         Yuuhi Katagiri                                                                                      Aisaka Taiga


2. Tsundere tipe B

Tsundere tipe B merupakan kebalikan dari Tsundere tipe A. Tidak seperti Tsundere tipe A, Tsundere tipe B memiliki sifat bawaan yang baik hati, ramah, peduli, dan senang membantu. Tsundere tipe B ini sering salah dianggap sebagai sikap gadis baik pada umumnya. Namun, bila mengetahui bagaimana sikap sebenarnya dari Tsundere tie B ini (sudah dekat dan memiliki hubungan yang erat) maka akan tampak perubahan dari sikap baik yang sering ditemui menjadi sikap sinis, cuek, maupun egois (Dere Dere > Tsun Tsun).

Contoh dari Tsundere tipe B adalah Kawakami Momoyo dari Maji de Watashi ni Koi Shinasai! dan Ikaruga Ibuki dari Asu no Yoichi.

                       
                                        Ikaruga Ibuki                                                                                      Kawakami Momoyo                                                                            

Well, ada lagi nih, pembagian Tsundere yang lain. Kalau yang diatas tadi menurut dengan sifat bawaan, nah kalau yang ini menurut sikap atau lingkungan yang membentuk ke-Tsundere-an itu sendiri.
Cekidot gan!

1. Tsundere Natural

Tsundere ini merupakan jenis Tsundere yang sudah diterangkan diatas.

2. Tsundere Narsisme

Tsundere yang muncul sebagai akibat dari sifat narsis dari karakter yang bersangkutan. Perilaku Tsun Tsun dan Dere Dere darinya memang murni disebabkan sifatnya yang berpusat pada diri sendiri. Karakter seperti inilah yang paling sulit menerima koreksi dan opini.

Contoh dari Tsundere Narsisme adalah Shana dari Shakugan no Shana.

                                                                                                    Shana

3. Tsundere Oujou

Tsundere yang muncul karena akibat dari gaya hidup yang superior yang dialaminya di lingkungan keluarga atau teman sebaya. Sikap gengsi dan ingin dipandang berbeda, menyebabkan Tsundere Oujou menempatkan dirinya pada tempat yang sangat sulit untuk dijangkau oleh orang lain, walaupun sebenarnya ia sangat ingin didekati. Sama seperti Tsundere lainnya, seringkali apa yang dikatakan olehnya berbeda dengan apa yang sebenarnya dia inginkan. Sekali titik kelemahannya ditemukan, maka karakter tersebut tidak lagi mempunyai alasan ataupun kekuatan untuk menutupi perasaan yang sesungguhnya. Ia dengan segera akan menunjukkan sifat Dere Dere nya.

Contoh Tsundere Oujou adalah Sena Kashiwazaki dari Boku wa Tomodachi ga Sukunai dan Mio Aoyama dari Kami Nomi zo Shiru Sekai.

                     Aoyama Mio                                                                                 Sena Kashiwazaki


4. Tsundere Pragmatic

Klasifikasi terbaru Tsundere. Karakter ini cenderung bersikap pragmatis, menanggapi segala sesuatu secara serius, terlalu berpaut pada peraturan, dan biasanya sebagai karakter tsukomi yang memiliki selera humor yang rendah. Namun karena sikapnya yang selalu serius, pada suatu waktu ia nantinya berubah menjadi bersikap lembut, sama dengan aura moe tsundere lainnya, sehingga karakter ini secara resmi diklasifikasikan sebagai Tsundere.

Contoh Tsundere Pragmatic adalah Hiragi Kagami dari Lucky Star! dan Fujibayashi Kyou dari Clannad.


                                                  Fujibayashi Kyou                                                               Hiiragi Kagami

5. Tsundere Extrovert

Tsundere yang muncul pada karakter yang ceria, ramai, banyak tingkah, ekspresif atau dengan kata lain extrovert. Jenis ini merupakan manifestasi Tsundere yang paling kekanakan dibandingkan Tsundere lainnya. Pada tipe Tsundere ini, karakter yang bersangkutan akan melakukan hal apapun untuk dapat mendekati karakter lainnya, biasanya tingkah laku yang jahil atau mengganggu karakter lain, dan inilah fase Tsun Tsun.

Contoh Tsundere Extrovert adalah Maria Takayama dari Boku wa Tomodachi ga Sukunai dan Kushieda Minori dari Toradora!.



                               Maria Takayama                                                                         Kushieda Minori


6. Tsundere Introvert

Kebalikan dari Tsundere Extrovert, Tsundere Introvert hanya berlaku untuk karakter yang pendiam dan sering menutup diri. Kecenderungannya untuk menyembunyikan perasaan sesungguhnya muncul karena sifat introvertnya sendiri. Dalam kata lain, karakter ini pada dasarnya memang tertutup. Reaksi Tsun Tsun pun  kemungkinan besar hanya terjadi secara verbal, tidak melalui tindakan seperti bentuk Tsundere lain. Tipe ini untuk selanjutnya disebut dengan istilah "Dandere".

Contoh Tsundere Introvert adalah Tachibana Kanade dari Angel Beats! dan Setsuna Kiyoura dari School Days.

                                          Tachibana Kanade                                                 Setsuna Kiyoura



Ok, secara garis besar, dapat ditarik kesimpulan bahwa pada dasarnya semua Tsundere itu memiliki basis yang sama, yaitu :

"Karakter yang berusaha mati-matian untuk menyangkal perasaannya sendiri ketika jatuh cinta pada seseorang."


Yep, kalau Tsundere itu memiliki "Denials" yang kuat kepada perasaan dan orang yang dicintainya, ada pula Yandere yang memiliki "Obsession" yang kuat. Well, penasaran sama Yandere itu yang kayak gimana?
Tunggu next post!


2 Comments:

Renald Octa Vrianta mengatakan...

Nice info gan ^^ ijin copas ya :D

miyanda chan mengatakan...

kerennnnnnnn kaka

Poskan Komentar